Congregatio Discipulorum Domini

Para anggota Congregatio Discipulorum Domini (Kongregasi Murid-murid Tuhan) menghayati hidupnya sebagai murid dan senantiasa belajar pada Yesus Kristus, sang Guru Agung. Kunjungan kepada Sakramen Mahakudus menjadi ungkapan cinta dan penyerahan diri secara total. Dari sinilah para anggota menimba kekuatan untuk karya kerasulannya sebagai murid yang diutus untuk mempersiapkan orang menyambut Kristus di dalam hidupnya (bdk. Luk 10:1-12).

18 October 2010

MEMORIAL 52 TAHUN BAPA CELSO COSTANTINI DI KOMUNITAS SKOLASTIK CDD MALANG


Memorial 52 tahun Bapa Celso Costantini

“Dulu kami tidak mengenal Celso Costantini karena kami tidak pernah diperkenalkan dengan beliau, namun akhir-akhir ini, kami sering melihat dan diajak terlibat dalam peringatan-peringatan Celso Costantini…kami mulai mengenal dan memahami siapa Celso itu” demikianlah salah satu komentar yang dilontarkan oleh salah seorang umat kepada kami.
Bapa Celso Costantini adalah seorang pionir dan perintis misi modern gereja. Peranan dan pemikirannya yang luar biasa bagi gereja universal dan secara khusus bagi gereja China tak terbantahkan. Maka dalam berbagai kesempatan, selayaknyalah kita sebagai pengikut-pengikut Celso harus memperkenalkan pemikiran dan kekudusan dari bapa Celso Costantini.
17 OKTOBER 2010 adalah hari peringatan wafatnya Bapa Celso Costantini, pendiri kongregasi Murid-murid Tuhan. Untuk memperingati hari bersejarah ini, komunitas skolastik CDD mengadakan triduum dan memuncak pada perayaan ekaristi bersama umat di kapel St Yusup Malang. Para frater skolastik dengan bantuan beberapa anak asrama dengan penuh semangat melantunkan lagu-lagu dalam perayaan ekaristi. Beberapa lagu bahasa latin dilantunkan dengan penuh khidmat dan sungguh menyentuh. Komunitas CDD sawiran dan novisiat CDD juga diundang untuk hadir dalam acara kekeluargaan ini.
Sahabat-sahabat Celso Costantini yang menjadi sahabat CDD dan setiap pagi bersama para frater dan romo CDD berdoa brevir turut berpartisipasi dalam perayaan ekaristi ini. Mereka dengan penuh semangat menyapa umat yang hadir dalam perayaan ekaristi dan membantu mengatur agar umat yang hadir mendapat tempat duduk.
Pater Agus Li CDD bersama dengan Pater Prasetyo CDD memimpin perayaan ekaristi syukur ini. Dalam khotbahnya, Pater Agus menekankan pentingnya doa yang benar dan baik. Doa yang baik harus terarah pada cara kita berdoa, karena dengan demikian, kita baru bisa menemukan Allah. Pater Agus melanjutkan dengan menekankan doa yang baik dan benar dengan belajar pada BApa Celso Costantini yang memperkenalkan kecintaan kepada Sakramen Mahakudus dan ketaatan kepada Takhta Suci. Dengan kedua spiritualitas ini, umat diharapkan dapat berdoa dengan baik dan semakin dekat dengan Allah.
Setelah acara misa selesai, diadakan acara open house di domus skolastik, sejumlah umat, sahabat-sahabat Celso dan lebih kurang 20-an anak muda tumpah ruah di ruangan tamu domus skolastik. Acara dimulai dengan doa pembukaan yang dipimpin frater Justin CDD dan dilanjutkan dengan sambutan dari Pater Agus Li CDD sebagai tuan rumah dan prefek student CDD. Fr Jensi CDD yang didaulat oleh para frater CDD untuk menjadi MC dalam acara open house ini bekerja dengan baik. Dengan kocaknya, Fr Jensi berusaha membawa tamu-tamu bergembira bersama. Acara selanjutnya adalah perkenalan tentang CDD yang disampaikan oleh Fr Ignas CDD.
Dengan gaya khasnya, Fr Ignas memperkenalkan kekhasan CDD sambil menyelipkan sentilan-sentilan untuk anak muda agar memiliki kepekaaan akan hidup panggilan khusus sebagai imam atau bruder dalam CDD. Anak muda yang hadir dalam acara open house ini tampak menyimak dengan seksama seluruh rangkaian acara yang dipersiapkan oleh para frater CDD ini.
Setelah acara perkenalan CDD selesai, para tamu diundang untuk santap pagi bersama dan setelah itu acara dilanjutkan dengan pemaparan singkat tentang kehidupan para frater di domus skolastik CDD , fr Fol CDD mempresentasikan gambar gambar visual yang ditayangkan lewat LCD. Seluruh rangkaian acara berakhir dengan sebuah lagu yang diperagakan dengan penuh kegembiraan oleh para frater dan anak-anak muda ini.
Semoga dari antara mereka Ya Tuhan ..Engkau berkenan memanggil mereka untuk bekerja di ladang anggur-MU yang luas ini.

Salam dan doa
Ignashuang CDD

No comments:

Post a Comment