Congregatio Discipulorum Domini

Para anggota Congregatio Discipulorum Domini (Kongregasi Murid-murid Tuhan) menghayati hidupnya sebagai murid dan senantiasa belajar pada Yesus Kristus, sang Guru Agung. Kunjungan kepada Sakramen Mahakudus menjadi ungkapan cinta dan penyerahan diri secara total. Dari sinilah para anggota menimba kekuatan untuk karya kerasulannya sebagai murid yang diutus untuk mempersiapkan orang menyambut Kristus di dalam hidupnya (bdk. Luk 10:1-12).

23 June 2009

KAUL PERDANA FRATER-FRATER CDD

Kaul Perdana dalam Kongregasi Murid – Murid Tuhan

Tanggal 20 Juli 2009, bertempat di kapel St Yusup Blimbing Malang, diselenggarakan misa kudus kaul perdana empat orang Costantinian yang telah menyelesaikan masa novisiatnya. Misa kudus berlangsung dengan hikmat dan berjalan dengan lancar. Misa pengucapan kaul perdana dalam kongregasi Murid-murid Tuhan ini dipimpin oleh Pater Lodewiyk Tshie CDD, provincial Indonesia dan didampingi oleh Pater Agus Lie CDD, prefek student dan Pater Sukamto CDD, magister Novis. Disamping itu, Pater Marianus CDD yang bertugas di asrama St Yusuf dan Pater Johan CDD yang bertugas di Pontianak juga ikut mendampingi dalam misa kudus ini.
Setiap kali kita mengikuti dan menyaksikan perayaan pengucapan kaul, kita diajak untuk melihat kembali hidup panggilan kita masing-masing. Pater Provinsial menekankan pentingnya hidup bersama dalam meniti panggilan hidup. Pengucapan kaul perdana bukanlah akhir dari suatu proses pembinaan di novisiat namun adalah suatu kelanjutan yang berkesinambungan dalam seluruh proses formatio. Pater Lodewiyk juga mengutip pengalaman hidup dari Maria dan Marta yang adalah contoh dari cara hidup yang memadukan doa dan kerja. Seorang biarawan yang baik akan selalu memadukan hidupnya dengan gerakan doa dan kerja dalam satu gerakan yang sinergis.
Misa pengucapan kaul perdana yang diselenggarakan pada tahun ini terasa istimewa sekali. Hal ini disebabkan karena pada saat misa berlangsung, Pater Stephen Ng, Superior General kongregasi Murid-murid Tuhan juga hadir dan turut mengambil bagian dalam konselebrasi. Beliau memang diundang oleh provinsialat untuk menghadiri misa pengucapan kaul perdana ini. Menurut Pater general, inilah kali pertama ia mengikuti misa pengucapan kaul perdana CDD di propinsi Indonesia dan beliau sangat terkesan.
Setelah misa selesai, Pater provincial menyampaikan sepatah dua patah kata yang disampaikan oleh Pater Yuki CDD, wakil provincial Indonesia. Pada kesempatan yang sangat baik ini, Pater General CDD juga berkenan menyampaikan sepatah dua patah kata yang sangat meneguhkan para frater yang sedang berpesta. Pater General menyampaikan sambutan dalam bahasa mandarin dan diterjemahkan oleh Pater Agus Lie CDD.
Setelah perayaan syukur selesai, para undangan mengadakan acara ramah tamah di aula serbaguna KOSAYU. Acara berlangsung dengan santai dan meriah.

Inilah empat orang yang mengucapkan kaul perdananya :

Fr. Petrus Diaz CDD dari keuskupan Larantuka
Fr. Andreas Setiadi CDD dari keuskupan Agung Pontianak
Br. Romansa CDD dari Keuskupan Sanggau
Fr.Alexander Ignatius Sujasan dari Keuskupan Agung Pontianak

Selamat atas semuanya dan selamat berjuang untuk tahap berikutnya.

Salam dan doa
Ignas Huang CDD

No comments:

Post a Comment