Congregatio Discipulorum Domini

Para anggota Congregatio Discipulorum Domini (Kongregasi Murid-murid Tuhan) menghayati hidupnya sebagai murid dan senantiasa belajar pada Yesus Kristus, sang Guru Agung. Kunjungan kepada Sakramen Mahakudus menjadi ungkapan cinta dan penyerahan diri secara total. Dari sinilah para anggota menimba kekuatan untuk karya kerasulannya sebagai murid yang diutus untuk mempersiapkan orang menyambut Kristus di dalam hidupnya (bdk. Luk 10:1-12).

21 June 2008

Tujuan Prosesi


Dalam pembahasan tentang prosesi pada Hari Raya Corpus Christi para novis CDD menggali maksud dan tujuan prosesi Sakramen Mahakudus. Di dalam Eucharisticum Mysterium 59 disebutkan demikian: "In processions in which the Blessed Sacrament is solemnly carried through the streets to the singing of hymns, especially on the feast of Corpus Christi, the Christian give public witness to their faith and devotion toward this sacrament."

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa prosesi Sakramen Mahakudus mengandung arti:
  1. Kristus sendiri yang hadir melawat umat-Nya dan memberikan kelepasan baginya (Luk 1:68.78; 7:16).
  2. Kristus masih tetap berkeliling mengunjungi umat-Nya seperti dahulu Dia berkeliling di seluruh Galilea, "melenyapkan segala penyakit dan kelemahan" (Mat 4:23), "menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin, ..., memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang" (Luk 4:18-19).
  3. Menyatakan kemuliaan Allah yang menjadi nyata dalam diri Yesus Kristus (bdk. Yoh 11:40, 12:24-29).
  4. Memberkati dan menyucikan umat-Nya (Mrk 10:16; Luk 24:50).
  5. Umat Kristiani memberikan kesaksian akan imannya (EM 59).
Dengan demikian prosesi Sakramen Mahakudus merupakan suatu tindakan ibadah yang sangat indah. Dalam Eucharistiae Sacramentum 101-104 Gereja sangat menganjurkan prosesi dijalankan sedapat mungkin dalam Hari Raya Corpus Christi, yang diadakan setelah Misa Kudus.

No comments:

Post a Comment