Congregatio Discipulorum Domini

Para anggota Congregatio Discipulorum Domini (Kongregasi Murid-murid Tuhan) menghayati hidupnya sebagai murid dan senantiasa belajar pada Yesus Kristus, sang Guru Agung. Kunjungan kepada Sakramen Mahakudus menjadi ungkapan cinta dan penyerahan diri secara total. Dari sinilah para anggota menimba kekuatan untuk karya kerasulannya sebagai murid yang diutus untuk mempersiapkan orang menyambut Kristus di dalam hidupnya (bdk. Luk 10:1-12).

21 August 2013

Costantinian muda di bumi Khatulistiwa

Tanggal 3-4 Agustus 2013 bertempat di Rumah retret Costantini Ambawang, diselenggarakan acara bible study yang didampingi oleh para frater CDD dari komunitas skolastik Malang. Acara yang berlangsung penuh keakraban ini diikuti oleh lebih kurang 200an anak SMP Petrus Pontianak. Setelah acara bible study selesai, para costantinian Muda CDD menyempatkan diri untuk menjelajahi beberapa karya CDD di bumi khatulistiwa. Sebelumnya, para frater sempat mampir di komunitas CDD Jakarta.
Pada tanggal 5-6 Agustus 2013, para Costantinian mengadakan acara rekreasi di pulau Temajo. Kemudian pada tanggal 7-10 Agustus 2013, para Costantinian muda CDD mengasingkan diri dengan berdoa dan bekerja di Rumah pastoran CDD Rumah retret Costantini di Ambawang. Dalam keheningan rumah retret Costantini, para frater memulai hari dengan mendaraskan mazmur dan berdoa bersama dalam satu kesatuan komunitas. Doa dan misa dilakukan dalam semangat persaudaraan Costantinian. Pada waktu tertentu, para Costantinian juga mengadakan kerja bakti untuk membersihkan dan merapikan rumah pastoran CDD di rumah retret Costantini Ambawang.
Pada tanggal 9 Agustus 2013, para frater CDD mengadakan sharing bersama untuk menyatukan visi dan misi dalam mengarungi hidup panggilan di CDD. Ada banyak hal yang disharingkan dalam pertemuan persaudaraan ini. Semua hasil sharing bersama semakin memperkaya dan memberikan suatu pandangan dan terutama semangat persaudaraan dalam menjalani hidup panggilan. Malam hari, para frater mengadakan acara malam keakraban bersama dengan Sr. Felisia PRR yang bekerja di rumah retret Costantini Ambawang.
Sabtu siang, para frater meninggalkan rumah retret dan menuju ke komunitas CDD Juanda Pontianak. Sore hari para frater dengan didampingi oleh Pater Provinsial CDD Indonesia dan Pater Rudy mengadakan kunjungan kekeluargaan ke rumah orang tua Pater Rudy dan Pater Provinsial. Dalam kunjungan kali ini, suasana kekeluargaan tampak sekali dan semua mengharapkan agar diantara anggota keluarga CDD ada kebiasaan untuk saling mendoakan.
Minggu tanggal 11 Agustus 2013, Para frater mengikuti misa kudus di Gereja St Agustinus Kubu Raya yang dikepalai oleh Pastor Marianus CDD. Paroki ini pada tahun 2013 diserahkan penggembalaannya kepada imam imam CDD. Maka adalah tepat dan sungguh menggembirakan jika para Costantinian muda dapat hadir dan melihat paroki ini secara langsung. Dalam misa kudus yang dipimpin oleh Pastor herman CP dan didampingi oleh Diakon Ignas CDD ini, para frater CDD diperkenalkan kepada umat yang hadir.
Sesudah misa selesai, para frater mendapat kesempatan untuk bertatap muka dan bersuka ria dengan anak anak SEKAMI dan BIAK paroki St Agustinus. Para frater dan anak anak bernyanyi bersama dan menari bersama penuh keakraban. Tepatlah yang dikatakan oleh Bapa Celso Costantini bahwa para Costantinian harus memberikan perhatian kepada kaum anak anak dan kaum muda. Setelah acara selesai, para frater CDD masih sempat bertemu dan bernyanyi bersama OMK Agustinus yang hadir dalam pertemuan kali ini.
Setelah acara selesai, para frater mengadakan kunjungan ke rumah orangtua Fr Ega CDD dan Fr Andre CDD, dalam kunjungan kekeluargaan ini, para frater sungguh menemukan suasana keakraban dan canda tawa silih berganti dalam kunjungan ini. Akhirnya kegiatan kunjungan diakhiri dengan doa bersama dan berkat dari pater provinsial.
Sore hari para frater masih mengikuti misa bersama di Paroki St Agustinus yang dipimpin oleh Pater Provinsial dan di damping oleh diakon Ignas CDD yang menyampaikan khotbah tentang Maria diangkat ke surge. Sesudah itu, para frater diperkenalkan kepada para umat yang hadir.
Setelah itu, para Costantinian menuju ke kompleks sekolah Santu Petrus di KS Tubun, disana telah menunggu kepala kantor Yayasan Kalimantan para kepala sekolah. Kami mengadakan acara temu bersama dan kepala kantor menceritakan secara singkat sejarah dan asal mula yayasan Kalimantan yang dikelola oleh imam imam CDD di bumi khatulistiwa. Setelah itu para frater mengadakan kunjungan ke sekolah SMA dan SMP Santu Petrus serta SMK Santa Maria. Siswa siswi sungguh merasakan bahwa kunjungan ini unik karena baru pertama kali ada begitu banyak pemuda berjubah yang mengunjungi sekolah mereka. Semoga melalui kunjungan ini, tumbuh benih benih panggilan.
Akhirnya seluruh rangkaian acara diakhiri dengan evaluasi bersama antara para frater CDD dengan panitia bible study di ruang pertemuan SMP Santu Petrus bersama dengan para guru SMP yang ditunjuk sebagai panitia. Semoga semangat CDD menyebar dalam hati setiap karyawan dan terutama para Costantinian Nil Contra Ecclesiam Nil Sine Ecclesia Omnia pro Ecclesia.

No comments:

Post a Comment